10 YouTuber Paling Sukses di Indonesia

Di Indonesia, di tengah klaim tidak mendidiknya tayangan sinetron dan hiburan di layar kaca, YouTube mulai dikenal sebagai platform alternatif tontonan, terutama bagi kalangan anak muda. 

YouTube dengan 1 miliar unique users setiap bulannya, begitu kaya akan konten; di mana 100 jam durasi video terunggah setiap jamnya. YouTube punya jutaan kreator tersebar di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. 

Meski dengan keterbatasan ekosistem video online di negara kita, talent lokal Indonesia punya caranya untuk unjuk gigi ke dunia. Berikut ini adalah 10 YouTuber Indonesia dengan subscriber paling banyak seperti dilansir dari sosialblade.com:
1. Raditya Dika
Tidak ada yang salah jika menebak urutan nomor satu adalah Raditya Dika. Seorang aktor, blogger, StandUp Comedy dan juga Youtuber ini sudah bisa mendapatkan sebanyak 1,450,610 subscriber. Ia aktif mengupload berbagai film atau video pendek, seperti serial Malam Minggu Miko, StandUp Comedy dan juga beberapa video seputar film yang pernah ia bintangi dan ciptakan. Ia dikenal sebagai Youtuber Indonesia yang sukses karena dari video yang diupload selalu mendatangkan banyak viewer dan subscriber baru.

Jumlah Subscribers: 1,450,610
Jumlah Penayangan Video: 56,887,754
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 4 juta hingga 72 juta rupiah

2. Eka Gustiwana
Sebelum terkenal seperti saat ini, Eka Gustiwana sebenarnya telah berkarir sebagai penulis lagu. Lewat video aransemen musik yang diambil dari rekaman berita Arya Wiguna-Demi Tuhan, talenta bermusik Eka Gustiwana berhasil mencuri perhatian masyarakat luas. Video tersebut berhasil meraih lebih dari 4 juta penonton sejak diunggah bulan Maret 2013. Kreativitasnya mengubah rekaman perkataan atau ucapan seseorang menjadi suatu komposisi musik membuat videonya selalu menarik untuk ditonton.

Jumlah Subscribers: 307,572
Jumlah Penayangan Video: 34,633,155
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 3 juta hingga 61 juta rupiah

3. skinnyindonesian24
Selanjutnya ada duo Dovie dan Jovi yang bersama - sama membangun sebuah akun Youtube terkenal yaitu SkinnyIndonesia24. Mereka berdua membuat video yang berisikan tingkah atau keseharian masyarakat terutama anak muda. Berbagai bahasan mereka kemas menjadi sebuah video berdurasi tidak lebih dari 5 menit. Dengan ucapan yang mudah dipahami, setiap video yang mereka ciptakan mampu menarik perhatian orang untuk melihatnya.

Jumlah Subscribers: 266,895
Jumlah Penayangan Video: 10,524,333
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 3 juta hingga 63 juta rupiah
4. Malesbanget.com
Malesbanget.com adalah online media untuk konten entertainment dan humor di Indonesia serta video channel. Malesbanget.com adalah produk dari MBDC media. Proyek MalesBanget Dot Com (MBDC) berawal dari komunikasi melalui IRC (Internet Relay Chat) antara Christian Sugiono di Jerman dengan teman-temannya, Aryo Sayoga dan Ariandji di Jakarta. Kala itu mereka menganggap ada potensi besar di balik internet dan media online. Menurut Christian Sugiono nama MalesBanget diambil dari proyek yang memang diawalinya dari iseng-iseng.

Jumlah Subscribers: 236,380
Jumlah Penayangan Video: 22,081,975
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 3 juta hingga 49 juta rupiah

5. Bayu Skak
Bayu Skak memiliki nama Asli Bayu Eko Moektito. Lahir di Malang, 13 November 1993, pemuda ini memiliki wajah yang biasa-biasa saja bahkan cenderung ndeso lho. Hampir tidak ada yang istimewa dari penampilan Bayu Skak, kecuali setelah kita mengenal tingkahnya yang konyol, nyeleneh dan bisa dibilang cukup aneh.

Bayu awalnya hanya seorang pelajar yang biasa-biasa saja dan getol menjalankan hobi ngeband. Setelah berkenalan dengan teknologi Youtube, Bayu Skak mulai memiliki ide untuk mengunggah sejumlah video monolog humor di Youtube. Meskipun awalnya hanya terlibat dibalik layar serta proses editing video Skak, namun akhirnya Bayu mulai ketagihan untuk merekam sendiri kegilaan-kegilaannya kemudian mengunggahnya ke Youtube.

Hanya dengan bermodalkan handycam dan tripod, Bayu memiliki misi untuk menghibur para pengguna Youtube Indonesia melalui beragam video konyol kreasinya sendiri. Konsep lawak yang diusung oleh Bayu Skak tergolong sebagai stand up comedy yang unik dan kreatif. Sebab belum banyak komedian di Indonesia yang berhasil memanfaatkan Youtube untuk mendulang kesuksesan seperti ini.

Jumlah Subscribers: 235,879
Jumlah Penayangan Video: 22,816,072
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 8 juta hingga 131 juta rupiah

6. Edho Zell
Dikalangan youtubers pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Edho Zell, seorang pemuda tua berwajah imut asal jakarta. Kelakuannya di media memang cukup menarik perhatian banyak orang dengan bermodalkan kepiawaiannya mengolah berbagai macam parodi yang membuat orang suka bahkan geli melihatnya. Edho Zell memulai karirnya sebagai entertainer sebagai seorang MC pada tahun 2004.

Jumlah Subscribers: 162,721
Jumlah Penayangan Video: 40,296,162
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 18 juta hingga 288 juta rupiah

7. LASTDAY Production
LastDay Production (selanjutnya akan disingkat “LDP”) adalah sekelompok anak muda asal Jakarta yang mengungah video-video sketsa tentang pergaulan anak muda. Dalam channelnya, mereka mengupas banyak sekali fenomena pergaulan anak muda dalam kemasan sketsa parodi yang lucu dan unik.

Selain sketsa dan parodi, LDP juga kerap memberikan tips-tips untuk menjalani kehidupan sosial a la anak Jakarta. LDP mencoba untuk meraih lebih banyak pelanggan di channel mereka dengan berkolaborasi dengan Youtuber mahsyur Indonesia seperti Sacha Stevenson dan Edo Zhell. 

Jumlah Subscribers: 184,734
Jumlah Penayangan Video: 30,680,477
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 18 juta hingga 302 juta rupiah

8. Sacha Stevenson
Nama Sacha Stevenson tentu tidak asing lagi bagi para pengunjung situs video Youtube. Wanita kelahiran Kanada ini mencuri perhatian penikmat video di youtube melalui video-videonya tentang kehidupan orang Indonesia. Yang menjadi menarik dari video-video yang diunggahnya adalah Sacha dalam memaparkan kebiasaan orang Indonesia dengan gaya kocak. Apalagi Sacha sangat jeli mengulik kebiasaan orang Indonesia yang tentu bagi budaya barat adalah sesuatu yang unik kalau tidak boleh dikatakan aneh. Kebiasaan buang sampah sembarangan, WC jongkok, pengemis yang ber-HP, acara TV yang konyol,sampai dengan perilaku korup para aparatur negara.

Menurut Sacha awalnya Ia mengunggah video di youtube diperuntukkan bagi para pemirsa khususnya orang Eropa yang akan berkunjung ke Indonesia. Dengan mengunggah video dengan judul “How to act Indonesian” dia berharap orang asing yang akan berkunjung ke Indonesia akan terbiasa dengan perilaku hidup orang Indonesia.

Jumlah Subscribers: 208,756
Jumlah Penayangan Video: 14,329,069
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 1 juta hingga 30 juta rupiah

9. Aron Ashab
Aron Ashab adalah seorang aktor Indonesia keturunan Arab-Belanda. Ia dikenal sejak membuat video bertajuk "Sayur Lodeh" di YouTube. Setelah itu, ia juga banyak membuat video-video parodi yang lain. Aron juga merupakan penyanyi lagu Lambaikan Tangan Di Kamera di YouTube.

Jumlah Subscribers: 131,528
Jumlah Penayangan Video: 2,766,073
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 6 juta hingga 10 juta rupiah

10. Tim2one - ChandraLiow
Chandra Timothy Liow atau lebih dikenal dengan panggilan Chandra Liow adalah seorang mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual peminatan sinematografi Universitas Multimedia Nusantara. Chandra memiliki hobi membuat video pendek yang diunggah di Youtube. Video-video tersebut disebut juga sebagai vlog atau video blog. Melalui Youtube juga, Chandra mulai dikenal oleh masyarakat luas dari seluruh Indonesia. Selain membuat vlog, ia juga menekuni hobi belajar beatbox. Melalui kedua hobinya ini, Chandra meraih penghargaan sebagai finalis Video Kreatif Rakyat yang diadakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara November 2013 lalu.

Jumlah Subscribers: 112,499
Jumlah Penayangan Video: 11,394,552
Perkiraan Penghasilan per Bulan dari YouTube: 9 juta hingga 150 juta rupiah



Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
15 June 2016 at 17:25 ×

Sekarang edho zell nomor 1

Balas
avatar
admin
15 June 2016 at 17:31 ×

Eh edho zell nomor 2

Balas
avatar
admin
16 July 2016 at 17:15 ×

Update! Udah Ganti Bro.... EdhoZell Nomor 2.dng subscriber 700.000 lebih.

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment