Manfaat Pedasnya Cabai untuk Kesehatan


Menikmati hidangan tanpa cabai rasanya akan terasa kurang sedap. Meski rasanya pedas, cabai memang banyak digemari. Tapi, tak sedikitpula orang yang takut akan rasa pedasnya cabai.

Tapi di samping itu semua, cabai bukan sekadar bumbu dapur yang bisa diolah menjadi pelengkap dan pelezat hidangan. Di balik rasa pedasnya, cabai juga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Apa saja manfaatnya, berikut seperti dilansirTimes of India.

Kaya vitamin

Vitamin (A, B dan C) dan mineral (tembaga, folat, kalium dan mangan) ditemukan dalam cabai. Tak hanya itu, vitamin C dan A yang ditemukan dalam cabai memiliki antioksidan yang disebut beta-karoten, yang dikenal untuk membunuh radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

Antioksidan ini juga membantu mencegah terbentuknya kolesterol yang dapat menyebabkan masalah jantung. Maka dari itu, bumbu dapur satu ini baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan nafsu makan

Jika ingin menambah berat badan, cobalah membubuhkan cabai dalam menu hidangan Anda. Sebab, cabai bisa membuat merangsang Anda untuk makan lebih lahap. 

Mengobati asma

Beberapa penelitian mengatakan bahwa penderita asma harus makan cabai karena buah ini mampu membersihkan saluran udara dari paru-paru. Tak hanya itu, khasiat cabai juga bisa membersihkan racun dari tubuh. 

Lawan infeksi

Para ahli juga menyarankan bahwa cabai dapat melawan infeksi dengan memompa lebih banyak darah segar dalam tubuh dan memandunya ke daerah yang terinfeksi.

Mencegah kanker usus

Cabai mengandung  zat yang disebut dengan capsaicin, zat ini juga bermanfaat melepaskan endorfin-- bahan kimia yang membuat suasana hati seseorang menjadi baik. Penelitian juga mengungkap, bahwa vitamin C, asam folat dan beta-karoten yang ada dalam cabai mampu  menurunkan risiko kanker usus besar.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment